Friday, April 22, 2011

Nonton Festival Tari Kontemporer


Semalem aku nonton sebuah acara kontes tari di TV berbayar luar negeri dan aku jadi inget sekitar tahun lalu.. waktu itu aku nonton Indonesian Dance Festival yang diadain di Taman Ismail Marzuki. Katanya, festival itu adalah festival tari kontemporer paling lama yang pernah diadakan di Indonesia. Biar judulnya Indonesian Dance Festival, tapi festival ini  ini diikuti oleh 19 Negara, termasuk Amerika Serikat, Jepang, Perancis, India, Taiwan, Korea dan Singapore.  

Waktu itu aku nonton malam terakhir festival. Ada dua tarian bikinan orang Indonesia dan satu tarian bikinan orang Perancis.



Kalo boleh jujur, aku koq ngerasa bahwa tarian yang dibikin sama orang Perancis yang namanya Vincent Mantsoe tuh lebih menarik dan lebih bisa dinikmati tanpa harus mikir berat dibandingkan dengan tarian yang dibikin sama orang Indonesia, ya….

Buat aku, tarian bikinan orang Indonesia tuh perlu mikir keras, untuk dapet inti tariannya…. Bayangin.. ada satu tarian yang judulnya “Dari Betamax sampai DVD Berjajar Pulau Pulau”. Begitu liat judulnya, aku pikir aku akan liat tarian soal keanekaragaman budaya Indonesia dari jaman dulu sampe sekarang…. Begitu liat tariannya… wahahahahahahahahahah…. Suweeeerrr aku nggak ngerti…. Belum lagi bajunya… hadoooohhh!!! Baju para penari Indonesia itu lebih “kebuka” dibandingin baju penari Perancis…. Kalo boleh pinjem kata-katanya Icha, baju-bajunya 'ndak topan!!!'..hih hih hih
Tarian bikinan orang Perancis itu judulnya Barena Chiefs.. waktu liat judulnya, aku pikir aku akan liat tarian seorang kepala suku dari Afrika… dan ternyataaaa, tariannya emang bener persis seperti dugaanku.. Selain itu, penarinya pun lebih ekspresif jadi aku lebih ngerti apa yang dia coba tampilkan…
Eniweeeeiii… ini beberapa cuplikan tarian yang ditampilkan malem itu.. yang bajunya 'ndak topan' nggak ditampilin yaaa.. hihihih


No comments:

Post a Comment